Katanya Ada Kolor Ijo di Kampung saya

Sesuai judul, gue ingin membahas sebuah pokok pemikiran yaitu tentang mereka yang begitu mudah percaya dengan isu yang menyebar dari mulut kemulut.
Pasti kalian pernah kan menemukan beberapa dari teman, saudara, atau pun para tetangga begitu heboh dengan sebuah pemberitaan alias isu yang belum jelas ujung pangkalnya dan tidak jelas siapa pembawa, dan dari mana isu itu bermula. Iya situasi dan suasana seperti itu lah yang tengah merebak dan berkembang di sekitaran tempat tinggal gue saat ini. Kalian tau apa yang mereka heboh kan ?
Kolor Ijo woi..
Gue heran hari gini kok isu kayak begituan bisa muncul ke permukaan, dan bisa-bisanya jadi buah pembicaraan para orang-orang di sekitar tempat tinggal gue (se isi kampung). Awal nya sih gue juga ikutan kaget gan, kok bisa-bisanya si kolor ijo masuk ke kampung gue, ya gimana ga heran gan, selama ini sedari gue kecil sampai belum terlalu gede gini gue ga pernah tuh ngedengar kabar tentang keberadaan makhluk yang tak mampu beli baju itu. Ya kalau pun ada segerombolan orang yang pengen nakut-nakutin gue semasa kecil palingan mereka Cuma nakutin gue dengan bilang sosok kuntilanak, pocong, dan lain sebagainya.
Gue mau cerita nih sebuah percakapan gue sama teman gue di kampung, boleh kan ?
Boleh dong ya, karna ini blog gue :D
Ceritanya begini,
Waktu itu jam 8 malam gue lagi nyantai di sebuah warung dan datang lah sesosok makhluk gaib (aslinya manusia) yang bernama anu, ya namanya anu (teman gue).
Pas gue lagi enak-enakan minum segelas kapur cino (normalnya capucino) tiba-tiba dia nya nanya.
Teman : eh il, akhir-akhir ni gue sering dapat peringatan dari emak juga dari tetangga gue buat ga keluyuran malam-malam dan tetap berada di rumah, katanya sih ada kolor ijo gitu, serem juga gue. Loe udah di ingetin belum sama emak loe ! and loe percaya ga sama kolor ijo itu ?
Dan gue jawab begini
Gue : eh nu, sebelum gue jawab gue pengen balik nanya nih ama loe, emang waktu emak lu ingetin gitu emak lu ketawa atau bawaannya serius ?
Teman : serius il, malah sambil pasang wajah takut gitu (alis matanya di tekuk kebawah)
Gue : bukan gue mau sok berani ya nu, tapi emang dari awal gue ga percaya, masak di kampung kita yang 24 jam nonstop ini tetap ada aktifitas bisa di masukin sama makhluk yang begituan. Dan satu lagi nu, gue ga bakalan percaya apalagi ikut-ikutan nyebar isu kalau gue juga pernah ngeliat kolor ijo sebelum gue bener-bener negliat n ketemu sama tu makhluk. Bisa repot kan kalau semua orang di kampung kita ni pada ketakutan sama hal yang ga jelas.
Teman : tapi...... kemaren gue denger ada tuh yang kehilangan ternak. Dan di BBM gue banyak juga yang BC kabar begituan
Gue : kalau tentang kehilangan ternak sih gue percaya nu. Tapi kalau loe berpikiran itu kerjaannya si kolor ijo menurut gue kurang masuk akal nu. Bisa aja kan itu emang kerjaannya maling general (maling pada umumnya) yang pengen manfaatin momen tahunan ini, momen dimana idul adha (hari raya qurban) udah dekat. Loe pikir yang bisa baca peluang Cuma pengusaha aja nu, maling mah juga bisa. Dia ambil kesempatan ini buat ngambil hewan ternak orang dan dia jual ke orang-orang yang mau ikutan qurban. Bisa jadi kan ? tapi kita tetap ga boleh suuzon dan asal menebak apa modusnya apalagi sampai mastiin itu hasil curian emang di peruntukan bagi pencari hewan qurban.
Trus satu llagi nih nu, kalau masalah yang di BBM ga usah terlalu loe pikiran dah, sebab kebanyakan dari mereka tuh Cuma orang-orang yang kurang kerjaan, ada pesan BC yang yang jelas dikit dia Bc sana Bc sini. Jangan kan kabar tentang kolor ijo, kabar tentang kehilangan kolor sekali pun pasti mereka mau tu Bc”an.
Teman : hmm,, mulai lega gue sekarang.

Nah di dalam percakapan itu saya Cuma mau meyakinkan kepada teman saya makhluk gaib (aslinya manusia tadi ) yang udah terlanjur ketakutan tadi supaya ga usah terlalu percaya sama hal-hal yang belum jelas duduk perkaranya. Karna sebuah negara, persahabatan, keluarga dan perkumpulan bisa terpecah belah Cuma gara-gara isu. Bukan kah begitu ?
Untuk kita semua pun saya pesankan, setiap kali kita terbawa atau masuk kedalam situasi dan kondisi seperti ini jangan terlalu percaya dan jangan juga ikut-ikutan untuk meperluas penyebaran isu yang tak jelas  seperti kolor ijo tadi. Memang benar mengingatkan itu adalah sebuah tindakan mulia, tapi ingatkanlah mereka dengan cara yang baik agar mereka tidak tersugesti dalam ketakutan yang menjadi-jadi akibat kabar yang kita bawa sembrautan. Sampai kan dengan bahasa yang baik atau yakinkan meraka jangan dulu terlalu percaya dan yakin bahwa isu ini benar-benar ada.
Karna mulut ini adalah sumber fitnah dan pedang yang palling tajam yang terdapat pada anggota tubuh manusia.
Untuk itu pergunakanlah dia dengan baik dan sampaikan lah sesuatu yang memang benar-benar kita lihat, bukan yang juga kita dengar dari orang lain.

Gimana gan postinga pertama gue ?
Aneh ya ?
Atau susunan kalimat sama pokok pembahasannya kacau ya ?
Maklumin aja gan, karna ini postingan pertama gue, dan ini baru kali pertamanya gue nulis artikel tentang cerita-cerita yang berkembang di masayarakat.
Ya kalau pun biasanya gue nulis palingan Cuma nulis artikel tentang tutorial photoshop.. haha

Salam blogger gan.

2 comments:

  1. Malem malem kelayaban cuma pakek kolor, bisa kena angin duduk tuh si kolor. kolor futsal apa tenis yang di pakek ya? #Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di pakeny ter-nyata kolor tetangga ane bro..
      sekarang kondisi udah aman,
      si kolor ijo udah ada kerjaan baru :v

      Delete