Jangan Taruh Helm Sembarangan (helm gue hilang di kampus)



Hai sahabat JIA (Jurnalnya Ilham Abdi)..
Apa kabar ?
Gue berharap kalian dalam keadaan yang baik..
Kali ini gue ingin bercerita tentang sebuah kesialan yang gue alamin beberapa minggu yang lalu.
Yaitu tentang kehilangan sesuatu yang bahkan belum sempat seminggu di tangan gue..
Berhubung jadwal kuliah yg cukup padat dan banyak sekali hal-hal lain yang bikin gue jadi minim kesempatan buat nulis, itu lah sebab nya kejadian yang sebenarnya terjadi beberapa minggu yang lalu baru bisa gue posting sekarang.. (mumpung ada waktu luang)


So! Ceritanya begini...


Sore itu gue sama teman gue lagi nonton cinta fitri naik haji di mitro tipi..?
Seperti hari biasa teman gue (sebut aja namanya prima) datang ke rumah sekitar jam 3 sore saat gue lagi asik plototin maria ozawa (dibaca : laptop) sambil mondar mandirin tikus (red : Mouse) ,. ya biasa cuy gue hobinya emang ngabisin waktu luang di depan laptop. Itung itung dari pada gue ngabisin waktu buat duduk di depan singa? kan bisa mati kemudian gue nya... haha
Oke kita lanjutkan..
Di temani dengan sebatang rokok teman prima tadi nanya sambil bakar lobang idungnya sendiri (translate: ngehisap rokok)
Lo lagi bikin apaan il ?(bagi yang belum tau 'il' adalah sapaan akrab gue)..
Ini gue lagi bikin kebaya pake photoshop (aslinya : lagi ngedit fotonya supia lucuba dengan upil nompah)..
Kita pun berlalu beberapa saat..
Eh prim, nanti temenin gue ke jati ya (jati adalah nama daerah dekat2 t4 tinggal gue)
“Ngapain lu ke jati ?”
Gue mau beli ember yg biasa di pake pengendara sepeda motor yang notabene letaknya di kepala (helm bahasa manusianya)
Oke oke, gue mau, sekalian kita JJS (jalan jalan sore) *prima ngejawab dengan wajah penuh haru
..
Yesss, foto editan gue udah selesai dan sekarang gue mau mandi bentar.
Yaudah mandi dulu saana, abis mandi kita langsung cabut..*kata prima
Dan gue pun langsung menuju kamar mandi buat ngisi bahan bakar (ciyusnya ya mandi lah)..
Selang beberapa menit gue di kamar mandi akhirnya gue selesai and udah stedi dengan pakaian rapi.. secara otomatia rasa percaya diri gue naik satu milimeter dari sebelumnya (maklum, seperti biasanya mulai dari sepersekian detik selesai mandi gue sering terlihat lebih fresh dari sebelumnya, walau pun itu cuma bertahan 1 jam paling lama dan gue bakal balik  dekil lagi :D)


Setelah beres semuanya gue balik ke kamar gue dan ga sengaja mendapati teman gue tadi terbujur kaku dengan bantal penuh iler *becanda (tidur maksud gue/ga pake iler2an)
Woi boy.. bangun !
Kata nya abis gue mandi kita mau langsung cabut, kok lo malah ngolor -_-
Sambil ngucek2 tutup kemasan ale-ale prima ngejawab , "eh.. hehe sory boy gue kebobok an"..
Yaudah lo cuci muka sana, kita langsung berangkat *gue pasang wajah mesra* (wuih ngibul :D)
Selang beberapa menit prima udah stanby dengan kostum kebanggaanya (seragam putih celana merah pendek dengan sepatu all star) *pasti lo kebayang anak SD kan ? Bukan, dia bukan anak SD,!
........
Kami berdua segera bergegas turun dari rak rak piring (dibaca: rumah gue) and langsung duduk manis di atas penderitaan orang lain (motor maksud gue)
Berhubung gue mau beli helm baru ni ya, gue sedikit senang bray karna bakal punya helm baru pengganti helm lama gue yang warna ijo dengan gambar kumbang gemuk yang ilang beberapa hari yang lalu..
Gue sempat ngelamun di atas motor, n sekali lagi gue ga nyadar kalau kami berada di kecepatan 2 kilometer perjam.
Lumayan ngebut juga , bisa ngalahin bayi siput yang baru belajar jalan :D
(Motor yang kami kendarai adalah motornya prami, vario tekno warna merah putih)
10 menit di perjalanan akhirnya kami sampai di lokasi kejadian (kedai yang terisi penuh dengan perisai kepala warna-warni *helm)
Sore bang, saya mau beli helm ni, GM ada ga ?
Ada tuh, di rak-rak..
helm GM biasa ada 10 buah and yg dobel fesernya (yang agak pake tanduk dikit di atasnya) ada 2.. *kata abang yg punya kedai helm.
Saya mau yg dobel feser aja bang, mana ? Liat bentar bang..!
Di atas meja abang tukang bakso ni (pemilik kedai helm) naruh 2 buah helm , yang satu warna putih dengan kombinasi merah dan sedikit warna hitam kemudian di atasnya ada bacaan "angin" (tulisannya engine)
Dan helm yang satu lagi warna hitam dengan motif terdapat banyak tulisan yang gue sendiri lupa tulisannya apa karna saking banyaknya di tambah lagi gue emang kurang hobi ngebaca :D
karna motor gue *bukan motor gue wananya hitam hijau (jupiter mex) lo pasti bisa nebak kan helm yg mana yang bakal gue pilih..?
Iya bener, gue awalnya milih helm yg warna hitam and gue langsung pinjem cermin buat nusuk teman gue (ciyusnya buat ngaca n ngetes helm)..
Jujur aja gue sebenarnya kurang suka dengan helm yg rada2 norak (banyak tulisan alaynya)
And gue nanya ke prima.. "menurut lo ini bagus ga ? Cocok ga sm gue ?"
Prima ngejawab, kalau menurut gue sih bagusan yang putih, yang lo pake sekarang ni ga cocok sama lo!
Kayak kucing impor lo boy !
Hmmm... iya juga ya, (gue bergumam pelan)
Gue nanya lagi "kalau ini cocok ga ama gue ? *sambil megang helm yang satu lagi (putih bermotif merah)"
Ya.. cocok lah *dengan suara lantang prima ngejawab..
Oke lah bang saya ambil yang merah putih ini aja *gue nyodorin helm k abang yg punya kedai (sebenarnya gue masih kurang puas aja dengan helm yg gue pilih)..
Ya berhubung gue tipikal orang yg ga mau berlama-lama di sebuah tempat (apalagi kedai yg begitu sesak dengan benda2 bulat *helm)
...
Gue dengan teman gue (prima) menuju motor dan yang nenteng helm gue adalah gue sendiri.
Lah kok di tenteng ?
Yaa masalahnya gue ga mintak bungkusannya n bilang ke abang penjual untuk langsung gue pake aja.


"Sini biar gue yang bawa motor" prima bicara ke kucing *gue
Ya bagus donk kalau lo yg bawa motor, gue di belakang jadi bisa ngolor :D
"Tapi gue punya syarat, gue mau bawa motor  tapi pake helm baru lo" :D
#Anjriit..
Dengan berat hati bercampur haru dan isak tangis gue kasih prima pake helm baru gue -_-
Di perjalanan prami ngomong "nih helm sebenarnya ga cocok ama lo il"
Laahh, tadi di warung helm lo bilang cocok, lo gimana sih -_-
Iya tadi gue emang bilang cocok, tapi cocok kalau yg lo bawa tu motor gue.. hahahaha
"Anjriit" lo boy.. (gue pasang wajah lemes)
Tapi kan walau pun ga cocok sama motor lo helm ini cocok sama kepala lo *kata prima sambil ketawa..
Ya jelas lah dodol, kalau ini cocok nya di kaki mah namanya kaos *lah kok kaos ? Udah lanjut !
Usut punya usut, cekcok demi cekcok ,dan maki demi maki kami pun sampai di rumah.. dan prima pamit pulang..
*akhirnya kisah perjalanan panjang gue buat berjuang beli perisai kepala (helm) berakhir sudah..


Eee teteeettt.. tunggu bentar,
Walau pun cerita perjuangan gue bareng prima udah selesai, artikel ini masih tetap lanjut bray !
Masih kuat baca ?
Oke kita lanjutkan !


....
Di hari selanjutnya gue di bangunin sama teman gue namanya riki, and dia ngajak gue buat pergi ke kampung sebelah (katanya kolor ijo udah ketangkep)
Lah kok kolor ijo ?
Iya dalam minggu itu kampung gue lagi di hebohin sama isu kolor ijo bray.
Bagi yang belum tau ceritanya silahkan baca cerita gue sebelumnya tentang ()
Nah untuk pergi ke kampung sebelah otomatis gue pake helm baru donk ya,
Bener gue pake tu helm..
Pas gue keluar rumah and menuju motornya riki, dia bilang begini "wouih helm baru ni ye"
Gue cuma berpose seperti orang songong and jawab "iya ding, gue gitu loh :D"
Lo beli berapa ?
Gue beli 250.000
Riki pun ikut pamer helm nya..
Gue beli ni helm cuma 180.000 *sambil nunjuk helm di atas kepalanya
Kok lo belinya mahal amat ?
Ya mau gimana lagi boy, gue emang gitu orangnya.. suka ga berbakat kalau soal nego..
Yaudah akhirnya kami berangkat.. singkat cerita masalah kolor ijo udah kelar..

***
2 hari berlalu gue selalu pake t helm pergi kuliah, sampai di kampus helm selalu gue selipin talinya di bawah jok motor kalau gue parkir di depan kampus and setiap masuk kelas..


Nah di hari berikutnya ini adalah hari kesialan gue yang gue maksud  dan yang udah gue singgung di awal tulisan..
Ini adalah salah satu hari terburuk bagi gue sepanjang jalan kenangan  *jiiahh romantis nya
Hari itu adalah hari senen, hari dimana gue ada tugas buat persentasi di depan kelas,, otomatis semua bahan persentasi harus gue siapin secepatnya..
Dan bener , gue terpaksa nyari bahan buat persentasi sampai jam 4 pagi, sebagai akibatnya gue jadi kebangun jam 12 siang bray..
Sial ! Padahal gue harus udah nyampe di kampus jam stengah 2..
Mau ga mau gue di paksa sama keadaan buat nyiapin semua baham persentasi dengan waktu yang tersisa 1 setengah jam lagi.
Huuuft.. gue tergesa-gesa banget bray, kayak banci yang lagi di kejar trantip..
Tapi gue bersyukur karna bahannya selesai tepat waktu..
Gue pun mandi and langsung berangkat ke kampus..
Sesampainya di kampus gue liat ga ada satu pun teman sekelas gue yang berada di luar kelas..
Mungkin mereka hilang di telan bumi *halah gue ngomong apa nih.
Udah lupain!
Karna ga ada satu teman pun yang berada di luar kelas gue yakin semua udah masuk kelas *ya jelaslah
Adduh ! Gue telat -_-
Gue sempat panik dikit karna gue ga biasa datang telat setiap hari senen.
Kepanikan gue makin bertambah waktu gue ngeliat halaman kampus yang biasa di jadikan lahan parkir begitu sesak dan sangat rapat dengan kendaraan (parkiran penuh woi -_-)
Gue diam sejenak dan liat kiri kanan, buat nyari tempat kosong buat markir motor kesayangan gue.
Akhirnya gue nemu  tempat kosong (di bagian sudut sebelah kiri)
Sebenarnya lokasi yang gue pilih buat parkir sekarang ini bukan lagi masuk kawasan parkir khusus mahasiswa kampus gue tapi udah masuk ke halaman gerai miliknya telkomsel (maklum kampus gue baru berupa ruko dan insya allah gedung baru kampus gue bakal selesai di bangun beberapa waktu dekat).
Ya, berhubung memang tidak lagi ada tempat buat gue, dengan rasa terpaksa gue parkir motor di tempat yang gue maksud. Di tambah lagi dengan keadaan yang mendesak dan mengharuskan gue buat buru-buru masuk kelas.
Gue pun ngelepas helm baru gue and ga sadar naruh tu helm Cuma di atas spion motor gue, gue sempat mikir sejenak “aman ga ya kalau gue taruh nih helm Cuma di atas spion?”
Ah, itu motor yang di sebelah motor gue juga naruh helm di atas spion kok, udahlah gue berpikir positif aja..
Gue pun masuk kelas,
Assalammualaikum, maaf buk saya telat..
Dosen : *cuek aja..
Ah yaudah gue duduk aja lah..
Hufffft,, akhirnya gue ga di tegur karna telat..
Dan mata kuliah pertama pun berlangsung sampai akhirnya selesai,
Baru aja mata kuliah pertama selesai gue langsung buru-buru ke kantin buat nge print bahan persentasi yang udah gue bikin pas di rumah tadi. Ayo put ikut gue ke kantin (putry adalah teman gue satu kelas yang kebetulan di tunjuk sama dosen buat satu kelompok sama gue).
Beberapa menit di kantin gue and putry pun balik ke kelas dengan nenteng-nenteng bahan copy-an buat di bagikan kepada anggota kelompok yang lain..
Dosen : Silahkan bagi kelompok yang tampil hari ini untuk bisa tampil ke depan.
Gue and putry pun tampil ke depan buat presentasiin tugas yang udah gue bikin..
Sialnya, tugas yang udah capek-capek gue bikin di nilai ga bagus sama dosen -_-
Dosen gue bilang kalau mau tampil minimal gue harus kuasain dulu tu bahan ..
*gimana mau nguasain pak, selesainya aja barusan (kata gue dalam hati)
Ya karna gue sadar kalau gue yang salah gue diam aja and terima semua komentar-komentar pedas dari dosen gue..
Sampai akhirnya persentasi pun selesai.


Huffft akhirnya gue bisa selamat dari masalah yang kedua setelah masalah gue telat di mata kuliah pertama.
Ok, perkuliahan hari ini kita tutup dan kalian bisa pulang.
Kemana boy ? kata salah seorang teman gue namanya ardy
Ga tau juga nih, gimana kalau kita langsung ke tempat biasa ? (pantai adalah tempat gue biasa ngumpul bareng teman2 kalau udah pulang kuliah)
Kalau begitu gue mau ke kantin bentar boy, beli minuman sama beli rokok.
Gue ikut, *kata gue sambil jalan menuju kantin bareng teman gue ardy.
Dan pas nyampe di kantin gue sama ardy ketemu aldy (ady juga teman satu kelas sama gue)
Kami pun terlibat percakapan yang agak panjang sebelum akhirnya kami memutuskan untuk menuju parkiran buat ngambil motor and rencananya mau langsung ke pantai..
Kampreeeeetttt ! helm gue mana nih -_- ? *sambil gue mandangin sekeliling parkiran
Teman gue ardy and aldy nanya ..
Kenapa boy ?
Ada apa sama helm lo ?
Helm gue ga ada boy padahal tadi pas gue nyampe kampus and parkir disini helm itu masih ada ☹
Mungkin ketinggalan di kelas kali tu *kata teman gue ardy.
Ga mungkin boy, jelas-jelas tu helm gue yang naruh di atas spion pas baru nyampe tadi ☹
(dalam hati gue geram banget)
Gue, ardy and aldy pun nyari di semua kelas tapi ga ada satu pun kelas yang ada helm nya..
Teman gue ardy and aldy pun ngajak gue ke pantai, dan mereka berdua bilang (yaudah boy, lo tenangin pikiran dulu, mungkin aja ada yang ga sengaja ngebawa tu helm atau mungkin ke tuker)
Yaudah lah, ayo kita ke pantai..
Sesampai di pantai gue ngelamun (padahal tu helm baru beberapa hari yang lalu gue beli :( )
Selang beberapa menit gue di pantai perasaan gue jadi ga tenang, dan gue mutusin buat balik lagi ke kampus dan ngecek lagi bener-bener siapa tau emang helm gue ke tuker sama mahasiswa lain..
Gue pun ambil motor and tancap motor balik ke kampus, tapi gue Cuma pergi sendirian.
Pas nyampe di kampus udah ga ada satu pun lagi motor yang ada di parkiran, dan yang gue liat Cuma dua orang yang lagi duduk di kantin dan gue ga tau itu siapa.
Kebetulan pas gue lagi di parkiran gue ngeliat masih ada satu kelas lagi yang masih terbuka pintunya, dan gue pun menuju kelas yang gue maksud.
Pas gue masuk gue kaget karna ada satu helm yang ketinggalan di kelas itu dan gue langsung nelpon temen gue ardy .
Gue : Halo boy ,,
Ardy : Iya ada apa
Ini gue nemu helm di kelas sebelah, tapi gue heran kok ga ada siapa-siapa ? apa mungkin orang yang punya helm ini yang udah nuker helm gue ?
Ardy : yaudah lo bawa aja dulu tu helm, siapa tau besok ada yang nyari.
Gue :   Oke.. *tutup telpon
Gue pun balik lagi ke pantai buat nemuin teman-teman gue.
Tapi gue masih ga tenang, dan malahan gue makin kacau karna udah nemu helm orang lain di pas gue balik lagi ke kampus *yang seharusnya gue yg kehilangan malah nanti malah gue yang di di tuduh maling helm
Selang beberapa saat datang lagi temen gue namanya jefry (dia adalah ketua BEM)
Kenapa kawan ? *jefry nanya ke gue
Ini kawan, ane kehilangan helm di kampus and pas ane selidikin lagi (balik ke kampus ane nemu helm juga di dalam kelas)
Ente tenangin dulu pikiran ente kawan, anggap aja ini musibah, and anggap aja tu helm belum rejeki ente .
Iya kawan *gue ngejawab dengan nada sedih.
Tapi ane takut nanti malah ane yang di tuduh ngambil helm orang ☹
Ente tenang aja, besok ente bawa tu helm yang ente temuin di kelas and ane bakal temenin ente buat ngelapor ke Sekre and sekalian kita cari tahu siapa yang punya nih helm yang ente temuin.
Oke sip lah kawan, ane ngucapin terimakasih sebelumnya.
Jefry : Sip kawan.
Dan kami pun bubar (pulang ke rumah masing2)
Keeokan hari nya gue pergi ke kampus dengan bawa helm yang gue temuin di kelas sebelah. Agak takut juga gue bray, masalahnya gue ga mau kalau nantinya pas yang punya helm ngeliat gue nenteng2 helm nya dia.
Ah,, kalau gue takut masalah malah makin runyam. Bukannya helm gue yang ketemu tapi malah gue yang nantinya di tuduh bawa llari helm orang, Gue ga mau !
Akhirnya teman gue jefry datang ke kampus dan gue jalan menuju sekre buat ngelapor kasus kehilangan yang menimpa gue sekalian nyari tahu pemilik helm yang juga gue temuin pas gue kehilangan helm.
Setelah lama bercakap-cakap dengan staff yang ada di sekre gue dan jefry pun keluar dari sekre dan ninggalain helm yang gue temuin di ruangan sekre,,,
Dan gue sama jefry pun kemudian menuju kantin. Pas gue baru aja nyampe di kantin ada satu teman *dari segi usia abang ni udah jauh beda umurnya dengan gue, tapi kalau di akademik gue adalah senior nya dia.
Namanya bang edo.
Dan pas banget dia juga lagi nyari helm yang katanya kettinggalan di kampus.
Dia bilang ke gue kalau kemaren teman satu kelasnya kehilangan helm , dan dia nunjuk helm yang gue taruh di ruangan sekre.
Jadi ini helm nya teman bang edo ? *gue nanya
Iya, ini helm nya ikball, kemaren dia bilang kalau dia lupa bawa helm nya pulang, and pas udah nyampe rumah dia baru nyadar kalau helmnya ketinggalan di kampus.
Kebetulan bang edo,
Jaddi ceritanya begini, kemaren saya kehilangan helm juga di parkiran kampus ini dan saya mengira kalau helm saya itu memang benar-benar ada yang ngebawa nya kabur (ada yang maling). Tapi pas saya udah nyampe ke pantai bareng kawan2 yang lain saya balik lagi ke kampus ini, kira-kira jam 18.00 (udah lumayan gelap juga). Pas saya nyampe di kampus saya nemuin nih helm di kelas sebelah (kelas yang berada di sebelah kelas saya pas kuliah hari itu). Spontan saya berfikiran mungkin orang yang punya helm ini yang udah nuker helm saya bg edo (atau mungkin dia salah bawa).
Hemm begitu ceritanya *kata bang edo
Bisa panggilin orang yang punya helm ini sekarang ga bang ?
Oke, bentar bang panggil orang nya.
Dan yang punya helm pun nyamperin gue. Spontan gue nanya . ini helm anda  ?
Iya bener ini helm saya kata orang yang ngaku pemilik helm yang gue temuin.
Kemaren saya nemuin nih helm di dalam kelas dan kebetulan saya menemukan helm ini bertepatan dengan kasus kehilangan yang juga menimpa saya (helm saya juga hilang kemaren).
Sebelum saya balikin nih helm saya mau nanya, apakah kemaren anda melihat atau tau siapa orang yang nemuin helm di parkiran ?
Atau mungkin anda sendiri salah bawa helm ?
“Saya ga melihat and ga tau siapa yang  udah duduk2 di motor anda dan yang jelas waktu itu saya tidak keluar kelas. Terimakasih karna anda telah menyelamatkan helm saya,
ya semoga aja helm anda bisa ketemu secepatnya,saya doakan semoga tu orang yang ngambil helm terbuka hatinya buat balikin helm anda.”
Ending : helm gue tidak tertukar tetapi benar-benar di curi oleh tangan-tangan yang tak bertanngung jawab dan tidak berperikemanusiaan.
Gue melamun kembali dan sempat nangis kecil dalam hati.. gue berharap tu orang di beri hidayah sama tuhan atau dikasih pelajaran sama tuhan, biar dia ga kebiasaan nantinya. Untung aja gue bukan orang pintar atau paranormal. Kalau gue orang pintar atau paranormal mungkin ni orang yang maling helm ga bakal gue biarin hidup dengan tenang. Sekarang mau ga mau gue harus ambil sisi positif nya aja dari kejadian yang udah menimpa gue ini. Supaya lain kali gue lebih hati-hati lagi dan ga ceroboh lagi. Gue serahin semua masalah ini sama tuhan yang maha esa aja. Karna Dia lah yang lebih tau kebutuhan dan hukuman yang akan di peruntukan kepada hambanya (cie lah bahasa gue :D)
Dan mungkin aja ini orang yang udah ngambil helm gue lagi butuh uang banget. gue anggapa aja ini adalah ibadah bagi gue . Gue ikhlasin, toh kalau pun gue menyesal sama apa yang telah menimpa gue, itu Cuma bakal nambah beban hati dan pikiran gue aja.
Note : Kejahatan dapat terjadi bukan hanya karna ada niat pelakunya, tapi karna ada kesempatan (bg Napi). Kejahatan kriminalitas dapat terjadi karna kelalaian dan kecerobohan kita sebagai korban (gue).
WASPADALAH..... WASPADALAH..
Postingan ini adalah tentang kejadian nyata yang benar2 menimpa gue yg gue tulis. Mungkin dari segi penulisan gue masih banyak kekurangan dan masih banyak ketimpangan susunan kalimat di berbagai lini. Untuk itu gue harap kalian yang membaca bisa maklum karna ini adalah bagian dari proses gue belajar menulis.
Salam sejahtera Sahabatku.

2 comments:

  1. wkwkwk kehilangan helm ya?
    helm gw juga pernah ilang di kantor, padahal itu helm paling mahal yang pernah gw punya. Besoknya gw kapok beli helm mahal.
    *sakitnya tuh di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nih mas.. helm gue raip di gondol maling residivia per heleman :vPadahal t helm belum genap satu minggu di tangan gue :(*mkasih mas udah mau mampir dan berkomentar..*sorry komentarnya baru gue bales, cs gw baru tau klau ternyata postingan yg ini ada komentar .. haha

      Delete